THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES »

Sabtu, 04 April 2009

Kawasaki Resmi Mundur dari MotoGP

Tokyo - Kawasaki secara resmi mengumumkan pengunduran dirinya dari ajang MotoGP. Seperti ramai diberitakan sebelumnya, masalah keuangan menjadi sebab hengkangnya pabrikan Jepang tersebut.

Isu tentang mundurnya Kawasaki sudah santer beredar sejak akhir bulan lalu. Jumat (9/1/2009), kabar itu benar-benar menjadi kenyataan setelah seorang juru bicara tim mengonfirmasi hal tersebut pada Reuters. 


"Kami sampai pada keputusan final bahwa kami tidak melanjutkan partisipasi di MotoGP," ungkap sang juru bicara, Katsuhiro Sato. "Keputusan ini merupakan sesuatu yang telah kami pertimbangkan sejak pertengahan Desember tahun lalu," tambah dia.

Kawasaki terjun di MotoGP sejak tahun 2003 dengan anggaran tahunan sekitar 4 milyar yen atau sekitar Rp 473 miliar. Selama lima tahun berkompetisi di rajanya balap motor tersebut, Kawasaki belum pernah memenangi satu seri pun.

Prestasi terbaik yang pernah didapat hanya menjadi runner up seri yang dicatat Randy de Puniet di Motegi musim 2007, Shinya Nakano di Assen musim 2006 dan Olivier Jacque di Shanghai musim 2005.

Keputusan mundur ini menjadi pukulan buat duo rider mereka Marco Melandri dan John Hopkins. Di mana kedua pembalap itu akan berlaga musim depan masih belum diketahui, meski sempat muncul isu kalau Tim Aspar akan mengambil alih.

Kawasaki merupakan pabrikan keempat yang mundur dari kegiatan olahraga otomotif. Sebelumnya Honda lebih dulu menarik diri dari F1, sementara Suzuki dan Subaru mundur dari Kejuaraan Reli Dunia. Keempat pabrikan Jepang itu mundur sebagai langkah penghematan akibat krisis finansial global.
sumber : http://fans.bolanews.com/c/showthread.php?t=2408

Kamis, 02 April 2009

Data Fakta MotoGP 2009


Jakarta - Dari 18 pembalap permanen yang sudah ada di entry list MotoGP 2009, ada 17 orang yang pernah menjuarai sebuah balapan di tingkat Kejuaraan Dunia. Inilah data dan fakta MotoGP 2009 yang disarikan dari berbagai sumber.

Selain itu, dari 18 pembalap itu ada 11 orang yang menyandang titel juara dunia; baik di kelas 125 cc, 250 cc, MotoGP, Superbike atau Supersport. Di antara 17 pembalap yang pernah menjuarai balapan itu, mereka telah mengumpulkan 335 kemenangan.

Profil di atas menjanjikan harapan akan lahirnya balapan-balapan yang ketat setelah di dua tahun terakhir ini, balapan demi balapan berlangsung kurang kompetitif.

Indikasinya, tidak ada seorang pun pembalap yang merebut kemenangan dengan menyalip lawan di lap terakhir semenjak Toni Elias memenangi GP Portugal di Estoril tahun 2006. Di dua tahun pertama terjunnya motor 800 cc ini, marjin antara pembalap pertama dengan pembalap kedua adalah 5,748 detik (2007) dan 5,428 detik (2008).

Tahun lalu, selisih terdekat seorang pemenang dengan runner-upnya adalah 1,817 detik yang dicatat Jorge Lorenzo ketika bertahta di GP Portugal. Sedangkan jarak terjauh dicatat Valentino Rossi di GP Ceko dengan 15,004 detik.

Satu-satunya pembalap yang belum pernah menjadi juara balapan kelas Kejuaraan Dunia adalah Niccolo Canepa. Meski begitu, rookie yang memperkuat Pramac Ducati itu pernah jadi juara kejuaraan FIM Superstock 1000 tahun 2007.

Canepa juga menjadi pembalap termuda di grid MotoGP tahun ini. Satu bulan setelah ia melakoni debut di GP Qatar, 12 April mendatang, pemuda Italia itu baru akan merayakan hari jadinya yang ke-21.

Sedangkan gelar pembalap tertua akan dipegang oleh Sete Gibernau. Pembalap Spanyol itu sudah berusia 36 tahun, lebih tua 15 pekan daripada Loris Capirossi yang justru dinobatkan sebagai pembalap paling berpengalaman.

Secara umum, profil para pembalap MotoGP relatif menua. Dari angka 26 tahun 19 minggu tahun lalu, usia rata-rata pembalap MotoGP tahun ini naik sedikit ke angka 27 tahun 32 pekan.
sumber : http://www.detiksport.com/read/2009/04/09/161017/1113286/81/data-fakta-motogp-2009

Senin, 30 Maret 2009

17 Pebalap Resmi Ikuti Rangkaian MotoGP 2009


JENEWA, MINGGU — Hasil rapat FIM dengan organisasi terkaitnya, asosiasi tim balap (IRTA), asosiasi pabrikan motor (MSMA), dan pelaksana balapan MotoGP (DORNA) di Jenewa, Swiss, Jumat (20/2), menetapkan 17 pebalap yang akan start di rangkaian MotoGP 2009. Hal ini diumumkan komisi Grand Prix di FIM yang juga menyampaikan perubahan lainnya.

Untuk regulasi terdapat 6 perubahan, tujuannya untuk efisiensi, terutama membela kepentingan tim privatir. Perubahan itu menyangkut di soal lintasan (waktu tes dan latihan), penggunaan maksimal jumlah mesin, launch control, suspensi elektronis, dan pemakaian bahan komposit keramik pada rem cakram.

Balapan yang dimulai 12 April 2009 tanpa ada latihan resmi Jumat pagi, dan ini berlaku untuk semua kelas (125, 250 dan MotoGP). Kemudian, mengurangi sesi latihan resmi, termasuk kualifikasi, dari satu jam tinggal 45 menit, sedangkan pemanasan dan panjang jarak tempuh balapan tidak berubah.

Untuk pemakaian mesin yang dibatasi sebanyak 5 unit sampai delapan seri seperti yang sudah diutarakan di Kompas.com sebelumnya disetujui dewan rapat. Kemudian, setelah balapan di Catalunya, Spanyol (14 Juni) dan di Czech, Ceko (16 Agustus) hanya pebalap tes yang boleh menjajal motor. 

Standard time schedule 
Friday
13:05-13:45 125cc Free Practice 1
14:05-14:50 MotoGP Free Practice 1
15:05-15:50 250cc Free Practice 1 

Saturday
09:05-09:45 125cc Free Practice 2
10:05-10:50 MotoGP Free Practice 2
11:05-11:50 250cc Free Practice 2
13:05-13:45 125cc Qualifying Practice
14:05-14:50 MotoGP Qualifying Practice
15:05-15:50 250cc Qualifying Practice 

Sunday
08:40-09:00 125cc Warm Up
09:10-09:30 250cc Warm Up
09:40-10:00 MotoGP Warm Up
11:00 125cc Race
12:15 250cc Race
14:00 MotoGP Race

sumber :
http://otomotif.kompas.com/read/xml/2009/02/22/11524753/17.pebalap.resmi.ikuti.rangkaian.motogp.2009

19 Pembalap Ramaikan Balap MotoGP 2009

JAKARTA, RABU — Balap MotoGP 2009 diikuti sebanyak 19 pembalap. Jumlah itu diumumkan oleh FIM, Rabu (17/12), dan menyebutkan rangkaian balapan tahun depan menampilkan dua pembalap baru dan satu lagi pembalap senior yang sempat absen dua tahun.
Pendatang baru itu, Mika Kallio dari 250 cc yang naik kelas. Pembalap Finlandia itu tampil mengibarkan bendera tim Pramac Racing. Mika akan didampingi Niccolo Canepa dari Italia.
Pramac sendiri tahun lalu disponsori Alice dengan pembalap Toni Elias. Pada 2009, ia berada satu tim sama Alex de Angelis di kubu San Carlo Honda Gresini.
Sementara itu, pembalap senior yang muncul kembali adalah Sete Gibernau. Terakhir, ia tampil 2006 bersama tim Ducati. Bedanya, pembalap Spanyol itu tahun depan tampil sebagai tim privateer dengan bendera Grupo Francisco Hernando yang sudah diumumkan saat balapan seri penutup di Valencia.
Perubahan lain pada 2009, Andrea Dovizioso mendampingi Dani Pedrosa di tim Repsol-Honda, sedangkan Nicky Hayden pindah ke Ducati menemani Casey Stoner.
Masalah nomor start pembalap, FIM juga menyampaikan ada perubahan. Juara dunia MotoGP 2008, Valentino Rossi, tetap mengusung nomor 46. Namun, rekan setimnya yang dinobatkan sebagai Rookie of The Year 2008, Jorge Lorenzo, menggunakan nomor 99.

Nama pembalap dan nomor startnya :

3. Dani Pedrosa SPA Repsol Honda Team

4. Andrea Dovizioso ITA Repsol Honda Team

5. Colin Edwards USA Tech 3 Yamaha

7. Chris Vermeulen AUS Rizla Suzuki MotoGP

14. Randy de Puniet FRA LCR Honda MotoGP

15. Alex de Angelis RSM San Carlo Honda Gresini

21. John Hopkins USA Kawasaki Racing Team

24. Toni Elias PA San Carlo Honda Gresini

27. Casey Stoner AUS Ducati Marlboro Team

33. Marco Melandri ITA Kawasaki Racing Team

36. Mika Kallio FIN Pramac Racing

46. Valentino Rossi ITA FIAT Yamaha Team

52. James Toseland GBR Tech 3 Yamaha

59. Sete Gibernau SPA Grupo Francisco Hernando

65. Loris Capirossi ITA Rizla Suzuki MotoGP

69. Nicky Hayden USA Ducati Marlboro Team

72. Yuki Takahashi JPN Scot Racing Team MotoGP

88. Niccolo Canepa ITA Pramac Racing

99. Jorge Lorenzo SPA FIAT Yamaha Team